Pengaruh Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan dan Minat Menjadi Guru Pkn Terhadap Kedisiplinan dalam Mengikuti Perkuliahan Pada Mahasiswa PPKn Tahun Akademik 2008/2009

Pribadi., Setiyo Aji (2009) Pengaruh Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan dan Minat Menjadi Guru Pkn Terhadap Kedisiplinan dalam Mengikuti Perkuliahan Pada Mahasiswa PPKn Tahun Akademik 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220010005.PDF

Download (56kB)
[img] PDF
A220010005.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari pemahaman pendidikan kewarganegaraan dan minat menjadi guru PKn terhadap kedisiplinan dalam mengikuti perkuliahan pada mahasiswa PPKn FKIP UMS. Populasi pada penelitian ini berjumlah 72 mahasiswa terbagi atas 37 mahasiswa semester V dan 35 mahasiswa semestar VII. Sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 30 responden mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang diajukan kepada responden. Kemudian penelitian menggunakan metode observasi mengenai Pendidikan Kewarganegaraan serta kedisiplinan dalam mengikuti perkuliahan pada mahasiswa PPKn FKIP UMS, selanjuatnya Metode wawancara digunakan untuk memperkuat dan memperjelas data mengenai pendidikan kewarganegaraan maupun minat menjadi guru PPKn Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil kedisiplinan mahasiswa PPKn FKIP UMS. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian menggunakan analisis regresi linier, yang dipakai untuk menganalisa variebel-variebel bebas yang mempengaruhi variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pendidikan kewarganegaraan memiliki tx1 = -2,665> t¬tabel = - 2,048; sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Pendidikan kewarganegaraan terhadap kedisiplian dalam mengikuti perkulihan secara parsial. Variabel minat menjadi guru PPKnmemiliki tx2 = 2,807 > t¬tabel = + 2,048; sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel minat menjadi guru PPKn terhadap kedisiplian dalam mengikuti perkulihan secara parsial. Pemahaman pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa PPKn FKIP UMS termasuk baik, dimana hasil skor diatas 50%. Pemahaman minat menjadi guru PKn pada mahasiswa PPKn FKIP UMS termasuk baik, dimana hasil skor diatas 50%. Kedisiplinan dalam mengikuti perkuahan pada mahasiswa PPKn FKIP UMS termasuk baik, dimana hasil skor diatas 50%. Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemahaman pendidikan kewarganegaraan dan minat menjadi guru PKn terhadap kedisiplinan dalam mengikuti perkuliahan pada mahasiswa PPKn FKIP UMS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan, Minat Menjadi Guru Pkn, Kedisiplinan Mengikuti Perkuliahan, Mahasiswa PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 05 Jan 2010 09:00
Last Modified: 24 Oct 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item