Tri Astuti, Fega and , Laila Etika Rahmawati, S.Pd., M.Pd (2017) Realisasi Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Gemolong. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI-88.pdf Download (450kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (459kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (86kB) |
Abstract
Fega Tri Astuti/ A310130057. REALISASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gemolong. Metode yang digunakan dalam penelitian Realisasi Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gemolong ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian pada guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong menunjukkan bahwa jumlah pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung lebih besar dibandingkan dengan penyimpangannya. Pematuhan prinsip kesantunan berbahasa berjumlah 57 tuturan, sedangkan penyimpangannya berjumlah 26 tuturan. Data pematuhan prinsip kesantunan berbahasa terdiri dari lima maksim yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Sementara itu, data penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya pematuhan dan penyimpangan maksim kesederhanaan. Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | language politeness, principles of politeness, learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | FEGA TRI ASTUTI |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 05:28 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 05:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/54158 |
Actions (login required)
View Item |