PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I.T SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hastuti, Lida (2008) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I.T SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan media pembelajaran berbasis I.T sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo Temanggung. Perumusan pembelajaran ini dilakukan oleh guru matematika, peneliti dan kepala sekolah. Guru matematika sebagai subjek pemberi tindakan yang berkolaborasi dengan peneliti, dalam hal ini peneliti juga berperan sebagai observer, kepala sekolah sebagai subjek pembantu, perencana, dan pengumpulan data penelitian, dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 37 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, test, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika, hal ini terlihat pada hasil test sebelum penelitian yaitu hasil belajar matematika siswa mencapai 24,32% dan nilai rata-rata siswa mencapai 5,65; pada hasil test putaran I hasil belajar matematika siswa mencapai 45,94% dan nilai rata-rata kelas mencapai 6,21; pada hasil test putaran II hasil belajar matematika siswa mencapai 51,35% dan nilai rata-rata kelas mencapai 6,65; dan pada hasil test putaran III hasil belajar matematika siswa mencapai 81,08% dan nilai rata-rata kelas mencapai 7,32. Dengan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang dicapai siswa tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan media pembelajaran berbasis I.T dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media,Pembelajaran, Hasil - Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 25 Sep 2008 01:40
Last Modified: 17 Nov 2010 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item