ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAP DI KALURAHAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

HAPSARY, PUTRI ADHIKA (2009) ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAP DI KALURAHAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050132.PDF

Download (30kB)
[img] PDF
B100050132.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen ditinjau dari selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian secara parsial? 2) Untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen ditinjau dari selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama? 3) Untuk menganalisis variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian? Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah sebagian dari warga Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali dimana pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, tetapi didasar atas adanya tujuan tertentu, yaitu konsumen produk mie instan khususnya Mie Sedap. Teknik ini dilakukan karena beberapa pertimbangan misalnya keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga tidak dapat mengambil sampel yang besar atau jauh. Pada penelitian ini terdapat 100 responden yang dijadikan sampel dari warga Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali Dari hasil penelitian dari Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali dapat disimpulkan bahwa : Dari hasil pengujian regresi linier berganda didapatkan koefisien regresi untuk masing-masing variabel yaitu selera (X1) sebesar 0,510, usia (X2) sebesar 0,072, jenis pekerjaan (X3) sebesar 0,298 dan tingkat pendapatan (X4) sebesar 0,182, dari masing-masing koefisien regresi tersebut yang paling dominan adalah selera (X1), kemudian diikuti variabel jenis pekerjaan (X3), tingkat pendapatan (X4) dan usia (X2). Sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi yang paling berpengaruh adalah selera konsumen (X1). Demikian hipotesis ketiga yang telah diajukan di muka dapat dibenarkan. Signifikansi atau hasil pengujian yang telah memenuhi hipotesis untuk variabel perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada taraf signifikansi (5% dua sisi) yaitu selera konsumen (X1), dan tingkat pendapatan (X4). Sehingga dapat disimpulkan bahwa selera konsumen dan tingkat pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan hipotesis pertama yang telah diajukan di muka dapat dibenarkan. Sedangkan variabel usia (X2) dan jenis pekerjaan (X3­­­) tidak berpengaruh secara signifikan baik pada level signifikansi 5% maupun level signifikansi 10%. Sehingga tidak memenuhi hipotesis yang kedua telah diajukan di muka. Dari analisis uji anova F-test didapatkan nilai sebesar 3,893. Pada taraf signifikansi (5% satu sisi) signifikansinya sebesar 0,045. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara serentak variabel perilaku konsumen yaitu selera konsumen (X1­), usia (X­­2­­), jenis pekerjaan (X3) dan tingkat pendapatan (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara keseluruhan setelah mengadakan pembahasan dan analisis terhadap variabel-variabel yang menjadi pengamatan dalam model regresi dan pengujian signifikansi dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Mie Sedap, yaitu warga yang berada di kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen (Selera, Usia, Jenis Pekerjaan dan Tingkat Pendapatan), Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Dec 2009 02:22
Last Modified: 13 Nov 2010 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item