ANALISIS PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGINAP DI HOTEL PONDOK SARI 2 TAWANGMANGU

Kurniawati, Eka (2009) ANALISIS PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGINAP DI HOTEL PONDOK SARI 2 TAWANGMANGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050173.pdf

Download (347kB)
[img] PDF
A210050173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dalam menginap di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu, 2) Mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam menginap di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu dan 3) Mengetahui apakah pelayanan mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen dalam menginap di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan hubungan variabel harga, fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Subyek dalam penelitian ini adalah pengunjung yang menginap di Hotel Pondok Sari 2, Sampel penelitian yang digunakan adalah 35 orang. Penelitian ini dilakukan di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu, pada bulan April-Mei 2009. Data penelitian yang digunakan adalah harga, fasilitas, pelayanan dan kepuasan konsumen diperoleh melalui penyebaran angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, Uji F, Uji t dan SE,SR. Terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 2,445 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,040. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel harga, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 12,203 > Ftabel = 2,91, dengan persamaan garis regresinya adalah Y = -5,946 + 0,460X1 + 0,482X2. + 0,595X3. Terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung = 2,731 > ttabel = 2,040. Terdapat pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung = 3,677 > ttabel = 2,040. Secara keseluruhan variabel harga, fasilitas dan pelayanan yang diberikan memberikan sumbangan sebesar 54,1% terhadap kepuasan konsumen. Besarnya harga, fasilitas dan pelayanan yang diberikan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen dapat dilihat dari besarnya sumbangan relatif (SR%) dan sumbangan efektif (SE%). Variabel harga memberikan sumbangan relatif sebesar 31,32% dan sumbangan efektif 16,94% terhadap kepuasan konsumen, variabel fasilitas memberikan sumbangan relatif sebesar 34,32% dan sumbangan efektif 18,57% terhadap kepuasan konsumen dan variabel pelayanan memberikan sumbangan relatif sebesar 34,36% dan sumbangan efektif 18,59% terhadap kepuasan konsumen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga, fasilitas, pelayanan dan kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2009 03:31
Last Modified: 15 Nov 2010 21:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item