HARJANTO , EKO (2009) Persepsi Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B200040361.PDF Download (54kB) |
|
PDF
B200040361.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul "Persepsi Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan". Etika merupakan sebuah topik yang didalamnya menyangkut perilaku seseorang termasuk dalam etika bisnis. Eksistensi seorang profesional untuk dapat mengerti dan peka terhadap persoalan etika ternyata juga dipengaruhi oleh lingkungan dimana dia berada. Pengetahuan, pemahaman dan kemampuan mahasiswa sebagai calon bakal akuntan harus ditingkatkan terutama terkait tentang etika bisnis agar tidak terjadi pelanggaran etika di lingkungan akuntan di masa mendatang. Hal tersebut dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan tidak pudar dengan berbagai persepsi negatif tentang akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis dan etika profesi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pengumpulan data yang digunakan adalah Cross Sectional Study (One-Shotstudy). Data diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi akutan pendidik dan mahasiswa akuntansi di wilayah Surakarta dan Semarang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh diuji validitas dan uji reliabilitas. metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan Mann Whitney U Test dan Independen Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan pendidik (1) terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Hasil uji Independent Sample T Test memperoleh nilai t hitung > t tabel (3,225 > 1,980) diterima pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,003 (p<0,05). Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik terhadap etika bisnis (70,51) lebih tinggi daripada mahasiswa akuntansi (57,47) ; (2) terdapat perbedaan persepsi tentang etika profesi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Hasil uji Independent Sample T Test memperoleh nilai t hitung > t tabel (5,601 - 1,980) diterima pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,000 (p<0,05), Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik terhadap etika profesi (74,18) lebih tinggi daripada mahasiswa akuntansi (67,27).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etika bisnis, etika profesi, akutan pendidik, mahasiswa akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 04 Dec 2009 07:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 22:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5231 |
Actions (login required)
View Item |