PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN BATIK PADA PT. DANARHADI SURAKARTA

PRAYITNO, HADI (2009) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN BATIK PADA PT. DANARHADI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040467.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
B100040467.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap volume penjualan batik baik secara parsial dan simultan pada PT. Danarhadi Surakarta dan mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya. Adapun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh persamaan Y = 0,139 + 0,174 X1 + 0,194 X2 + 0,050 X3 + 0,606 X4 + e, sehingga dapat dijelaskan bahwa variabel produk (X1), variabel harga (X2), variabel distribusi (X3) dan variabel promosi (X4) berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t, disimpulkan bahwa variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Variabel distribusi tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, dengan demikian hipotesis yang diajukan tidak terbukti kebenarannya. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan, serta merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap volume penjualan, dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Hasil uji F sebesar 88,661 menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel produk, harga dan promosi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap volume penjualan batik PT. Danarhadi Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, distribusi, promosi, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 01 Dec 2009 08:58
Last Modified: 15 Nov 2010 23:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item