IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD N Cemara 2 No.13 Surakarta)

Fatnasari, Elisa (2008) IMPLEMENTASI ACCELERATED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD N Cemara 2 No.13 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui proses pembelajaran matematika melalui implementasi accelerated learning, 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui implementasi accelerated learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Objek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Cemara Dua yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Perhatian siswa terhadap pelajaran matematika meningkat dari 25% menjadi 90% pada akhir siklus, 2) Keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan / mengemukakan pendapat meningkat dari 0% menjadi 70%, 3) Kemandirian siswa dalam mengerjakan sosl-soal latihan /tugas mandiri meningkat dari 25% menjadi 95%, 4) Gangguan kelas menurun dari 80% menjadi 10%, dan 5) rata-rata nilai kelas meningkat dari 55% menjadi 82,3% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui implementasi accelerated learning.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 02:35
Last Modified: 17 Nov 2010 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item