PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP STUDI KASUS PADA HOTEL PONDOK SARI 2 TAWANGMANGU

DARYANTI, DARYANTI (2009) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP STUDI KASUS PADA HOTEL PONDOK SARI 2 TAWANGMANGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050156.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A210050156.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh produk terhadap pengambilan keputusan menginap; 2) pengaruh harga terhadap pengambilan keputusan menginap; 3) pengaruh promosi terhadap pengambilan keputusan menginap; 4) pengaruh tempat terhadap pengambilan keputusan menginap; 5) pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap pengambilan keputusan menginap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menginap di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu. Sampel diambil sebanyak 100 orang konsumen. Sampel diambil dengan teknik accidental random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaanL Y = 5,519 + 0,319.X1 + 0,396.X2 + 0,350.X3 + 0,308.X4. Artinya pengambilan keputusan menginap diperngaruhi oleh produk, harga, promosi, dan tempat. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif dari produk terhadap pengambilan keputusan menginap. Semakin baik kualitas produk jasa penginapan ya ng ditawarkan, maka semakin tinggi kecenderungan konsumen untuk menginap. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,428 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Ada pengaruh yang positif dari harga terhadap pengambilan keputusan menginap. Jika harga sesuai dengan kualitas jasa, maka konsumen akan menginap. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,967 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Ada pengaruh yang positif dari promosi terhadap pengambilan keputusan menginap. Semakin tinggi intensitas promosi, maka semakin tinggi kecenderungan konsumen untuk menginap. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,258 diterima pada taraf signifikansi 5%; 4) Ada pengaruh yang positif dari tempat terhadap pengambilan keputusan menginap. Lokasi yang mudah dijangkau dan strategis menyebabkan konsumen merasa lebih senang dan keinginan untuk menginap semakin meningkat. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,196 diterima pada taraf signifikansi 5%; 5) Terdapat pengaruh yang positif dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap pengambilan keputusan menginap. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (38,241 > 2,35) pada taraf signifikansi 5%. Artinya produk, harga, promosi, dan tempat merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan menginap

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, promosi, tempat, pengambilan keputusan menginap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Feb 2010 01:56
Last Modified: 16 Nov 2010 00:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item