Hidayat, Fajar (2008) MENINGKATAN KEAKTIFAN BERMATEMATIKA SISWA MELALUI SENI BERBICARA DAN KASIH SAYANG DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK SOSIOMETRI ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030059.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan bermatematika siswa melalui seni berbicaradan kasih sayang dalam pembelajaran kelompok sosiometri. Keaktifan yang dimaksud disini adalah keaktifan bertanya, mengerjakan soal, mengemukakan ide, dan keaktifan mengerjakan di depan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta sebanyak 48 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dan berkolaborasi dengan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan minat siswa terhadap matematika, yaitu: 1) keaktifan bertanya siswa meningkat sampai 54,17%, 2) keaktifan mengerjakan soal meningkat sampai 91,67%, 3) keaktifan mengemukakan ide meningkat sampai 31,25%, 4) keaktifan mengerjakan di depan kelas meningkat sampai 66,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika melalui seni berbicara dan kasih sayang dalam pembelajaran kelompok sosiometri dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, seni-berbicara, kasih-sayang, kelompok-sosiometri. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 18 Sep 2008 06:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 11:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/499 |
Actions (login required)
View Item |