PENGARUH VARIABEL PRODUK, HARGA JUAL, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA BATIK TULIS TRADISIONAL WIDYA KUSUMA DI KABUPATEN SRAGEN

Sutanto, Handi (2009) PENGARUH VARIABEL PRODUK, HARGA JUAL, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA BATIK TULIS TRADISIONAL WIDYA KUSUMA DI KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040372.PDF

Download (171kB)
[img] PDF
B100040372.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga jual, promosi, dan distribusi terhadap volume penjualan pada Batik Tulis Tradisional Widya Kusuma di Dusun Kebaksari Kelurahan Pungsari Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan analisa statistik yang meliputi metode regresi berganda uji t, uji F dan koefisien diterminasi untuk membuktikan hipotesis dalam skripsi ini. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa: 1) variabel produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan, karena besarnya nilai probabilitas t untuk produk sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. 2) Variabel harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan, karena besarnya nilai probabilitas t untuk harga sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05. 3) Variabel promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan, karena besarnya nilai probabilitas t untuk promosi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 4) Variabel distribusi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan, karena besarnya nilai probabilitas t untuk distribusi sebesar 0,139 lebih besar dari 0,05. 5) Hasil t-hitung menunjukkan bahwa promosi berpengaruh dominan terhadap volume penjualan, hal ini ditunjukkan oleh nilai t-hitung variabel promosi sebesar 5,419 yang lebih besar dari nilai t-hitung variabel lain yaitu produk (3,762), harga (2,494) dan distribusi (1,518). Jadi hipotesis pertama, kedua, ketiga dan kelima terbukti, sedangkan hipotesis keempat tidak terbukti. Meskipun variabel distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, perusahaan Batik Tulis Tradisional Widya Kusuma tetap harus memperhatikan variabel distribusi, karena secara bersama-sama baik variabel produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, harga jual, promosi, distribusi, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Nov 2009 06:36
Last Modified: 13 Nov 2010 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item