PENGARUH PENGAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RME DENGAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA

Lestari, Novita (2008) PENGARUH PENGAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RME DENGAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan RME dengan keterampilan proses terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan interaksi metode mengajar dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester I SD Negeri Pondok. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang terdiri dari 21 siswa SD Negeri Pondok 01 sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa SD Negeri Pondok 03 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data aktivitas siswa dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lillifors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari analisis data pada % 5 ? ? , diperoleh: (1) Fhitung = 4,276 > Ftabel = 4,119 yang artinya ada pengaruh yang signifikan pendekatan RME dengan keterampilan proses terhadap prestasi belajar siswa, (2) Fhitung = 22.581 > Ftabel = 3,266 yang artinya ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Fhitung = 2,921 < Ftabel = 3,266 yang artinya tidak ada pengaruh interaksi metode mengajar dengan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengajaran, matematika, RME, keterampilan proses, prestasi, aktivitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 07:59
Last Modified: 17 Nov 2010 11:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item