HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEPERAWATAN DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH V DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

PRIHARTANTI, HENI LISTYANA (2009) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEPERAWATAN DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH V DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210070121.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
J210070121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/J210/J2100...

Abstract

Latar Belakang : Kesiapan mahasiswa merupakan faktor yang penting untuk mendapatkan pengalaman dan ketrampilan untuk mencapai keberhasilan. Motivasi merupakan kekuatan untuk merespon tuntutan pembelajaran dalam mendapatkan ketrampilan. Keputusan untuk mencapai kompetensi yang lebih tinggi untuk beberapa ketrampilan praktek merupakan hal yang sangat penting. ( Doroty dan Marlyn, 2002 ). Tujuan: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan pencapaian kompetensi dalam pembelajaran praktek klinik keperawatan medikal bedah V di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan metode deskriptif korelasional dan menggunakan rancangan cross sectional Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta pada bulan Desermber 2008 sampai dengan Januari 2009. Teknik pengambilan sampel adalah dalam penelitian ini adalah total sampling dimana seluruh mahasiswa D III Keperawatan yang melaksanakan pembelajaran praktek klinik keperawatan medikal bedah V sebanyak 50 orang menjadi responden. Instrumen berupa kuesioner dan data pencapaian kompetensi medikal bedah V. Validitas dan reliabilitas motivasi belajar kuesioner menggunakan Product Moment dan formula Alpha. Data dianalisa dengan uji Kendall’s Tau dengan taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan; Penelitian ini menunjukkan tingkat motivasi belajar mahasiswa didominasi kategori baik, pencapaian kompetensi didominasi kategori baik dan ada hubungan yang positif dan cukup signifikan antara motivasi belajar dengan pencapaian kompetensi dalam pembelajaran praktek klinik keperawatan medikal bedah V di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dengan nilai p = 0,001 dan r korelasi 0,475

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pencapaian kompetensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:55
Last Modified: 21 Jun 2011 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item