EKSPERIMENTASI PENDEKATAN REALISTIC DAN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Umayati, Arini (2009) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN REALISTIC DAN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050243.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A410050243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendekatan realistic dan inquiry terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, 3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 2 Gembongan dan SD N 1 Prigi semester genap tahun ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Gembongan dan SD Negeri Prigi yang terdiri dari 4 kelas dan sampelnya yaitu kelas V SD N 2 Gembongan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas V SD N 1 Prigi sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data metode dokumentasi, angket dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas liliefors dan uji homogenitas bartlet. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% didapat 1) untuk pembelajaran matematika (A) diperoleh harga Fhitung sebesar 11,7156. Sehingga dapat disimpulakn bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan realistic dan inquiry. 2) untuk aktifitas belajar matematika (B) diperoleh harga Fhitung sebesar 0,8299. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. 3) interaksi antar pendekatan pembelajaran dengan aktifitas belajar siswa diperoleh harga Fhitung sebesar 0,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan realistic, pendekatan inquiry, aktifitas belajar siswa, prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:46
Last Modified: 16 Nov 2010 00:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item