Harmanto, Sulistyorini (2008) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) (PTK Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Masaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030014.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual yang menggunakan metode pemecahan masalah guna mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Masaran yang berjumlah 43 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah guru kelas VII SMP N I Masaran. Sedangkan yang membantu peneliti dalam hal perencanaan, pengumpulan, analisis data, dan penarikan kesimpulan adalah kepala sekolah SMP Negara I Masaran. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan, dan review. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesmpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) upaya meningkatkan kesiapan dan keaktifan siswa dilakukan melalui pembenahan erencanaan, pelaksanaan, dan evaluasip pembelajaran melalui pendekatan kontekstual, 2) peningkatan persentase keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 69,77%, peningkatan persentase keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan mencapai 95,35%, dan peningkatan persentase keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas dan menjelaskan mencapai 90,70%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, pembelajaran-matematika, pendekatan-kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 17 Sep 2008 07:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |