PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALL (BOLA SALJU) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII E, SMP Negeri I Juwangi, Boyolali. Tahun Ajaran 2008/2009)

Husnah, Miftahul (2009) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALL (BOLA SALJU) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII E, SMP Negeri I Juwangi, Boyolali. Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050234.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410050234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan model pembelajaran Snow Ball ( bola salju ) dan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri I Juwangi yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi wawancara, catatan lapangan dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1). adanya peningkatan motivasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan model pembelajaran Snow Ball ( bola salju ) meliputi : (a). motivasi siswa berinteraksi dalam diskusi kelompok sebelum tindakan sebesar 33,33% dan sesudah tindakan sebesar 77,77%.(b). motivasi siswa menyelesaikan soal – soal latihan sebelum tindakan sebesar 38,88% dan sesudah tindakan sebesar 83,33%,(c). Motivasi siswa dalam bertanya baik guru maupun teman sebelum tindakan sebesar 11,11% dan sesudah tindakan sebesar 50%, (d). motivasi siswa yang menjawab atau memberikan pendapat sebelum tindakan sebesar 27,77% dan sesudah tindakan sebesar 66,66% (e). motivasi siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22% dan sesudah tindakan sebesar 58,3% 2). adanya peningkatan hasil belajar siswa meliputi : (a). ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan sebesar 36,11% dan sesudah tindakan sebesar 88,88%, (b).nilai siswa diatas rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 47,22% dan sesudah penelitian sebesar 63,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snow Ball (Bola Salju) dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga bardampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Snow–Ball(Bola Salju), motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:37
Last Modified: 16 Nov 2010 00:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item