PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Islam Diponegoro )

Prastyo, Harun (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Islam Diponegoro ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050227.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
A410050227.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan geometri melalui pendekatan kontekstual dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran . Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIC SMP Islam Diponegoro sebagai pihak pelaksana yang berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah, serta siswa kelas VII C yang berjumlah 21 siswa sebagai pihak penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1). adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, yang meliputi aspek : a) siswa bertanya meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 9,52%, dan akhir tindakan menjadi 38,10%; b) siswa mengemukakan ide atau pendapat meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi 28,57%; c) siswa mengerjakan soal ke depan meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 14,29%, dan akhir tindakan menjadi 47,62%; d) siswa memanfaatkan media pembelajaran meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi 66,67%; e) siswa menjelaskan kepada siswa lain meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi 23,81%; f) siswa menyimpulkan materi baik kelompok maupun mandiri meningkat yaitu sebelum penelitian sebesar 0%, dan akhir tindakan menjadi 47,62% dan 2). adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual dengan barang bekas sebagai media pembelajaran yaitu sebelum diadakan penelitian, siswa yang mencapai nilai 60 sebesar 33,33%, sesudah diadakan penelitian sebesar 76,19%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, barang_bekas, media_pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:31
Last Modified: 16 Nov 2010 00:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item