PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING BERBASIS PORTOFOLIO (PTK di KelasV SD Negeri 1 Padaan Blora)

Budiarti, Gadis Pratiwi (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING BERBASIS PORTOFOLIO (PTK di KelasV SD Negeri 1 Padaan Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050223.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
A410050223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan problem possing berbasis portofolio. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Padaan yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari 1) motivasi siswa pada aspek kemauan siswa untuk mengerjakan tugas matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, pada putaran I sebesar 16,12%, pada putaran II sebesar 32,25%, di akhir putaran mencapai 87,09%, 2) motivasi siswa pada aspek perasaan senang terhadap pelajaran matematika dan guru matematika sebelum diadakan tindakan sebesar16,12%, pada putaran I sebesar 22,58%, pada putaran II sebesar 38,70%, di akhir putaran mencapai 64,51%, 3) motivasi siswa pada aspek semangat belajar agar dapat berprestasi sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, pada putaran I sebesar 25,80%, pada putaran II sebesar 48,38%, di akhir putaran mencapai 70,96%, serta 4) motivasi siswa pada aspek pencapaian target siswa (KKM) sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, pada putaran I sebesar 32,25%, pada putaran II sebesar 58,06%, di akhir putaran mencapai 83,87%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 57,90, pada putaran I mencapai 60,96, pada putaran II mencapai 70, sedangkan di akhir tindakan rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 76,61. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem possing berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, problem possing, portofolio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:26
Last Modified: 16 Nov 2010 00:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item