Daryani , Ari (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOW BALL THROWING (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Godong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410050218.pdf Download (51kB) |
|
PDF
A410050218.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajarn Snow Ball Throwing, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajarn Snow Ball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII yang bekerjasama dengan peneliti serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Godong. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep yang dapat dilihat dari pemahaman konsep dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes tertulis, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pada sub pokok persegi panjang dan persegi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) dengan model pembelajaran Snow Ball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang mengerjakan soal ke depan kelas sebelum putaran mencapai 15% dan di akhir putaran mencapai 72,5%, Mengajukan ide/gagasan sebelum putaran mencapai 12,5% dan diakhir putaran mencapai 65%, keaktifan bertanya sebelum putaran 7,5% dan di akhir putaran mencapai 67,5%. 2) hasil belajar matematika siswa meningkatkat dengan menggunakan model pembelajaran Snow Ball Throwing, disini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan nilai ≥ 60 sebelum putaran 10% dan diakhir putaran mencapai 70%, hasil belajar dengan nilai < 60 sebelum putaran mencapai 90% dan diakhir putaran mencapai 30%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, pemahaman, matematika, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2009 03:13 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 00:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4921 |
Actions (login required)
View Item |