PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA

Khanifah , Yuyun (2008) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410020125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh status sosial ekonomi keluarga, kemandirian siswa, dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika, serta untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga dan kemandirian siswa antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan jenis kelamin siswa (X1), status sosial ekonomi keluarga (X2), dan kemandirian siswa (X3) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Pemalang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% dari 321 siswa kelas VIII yang terdiri dari 20% siswa laki-laki dan 20% siswa perempuan dari tiap kelas. Sampling yang digunakan adalah teknik random sistematis. Analisis yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan, dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 12 yang menghasilkan kesimpulan: 1) dari hasil anova variabel status sosial ekonomi keluarga dan jenis kelamin menunjukkan nilai signifikansi 0,93 dan 0,697 > 0,05 atau H0 diterima yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan, variabel kemandirian siswa menunjukan nilai signifikansi 0,013 < 0,05 atau H0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Namun ketika dikomparasikan status sosial ekonomi keluarga dengan kemandirian siswa, status sosial ekonomi keluarga dengan jenis kelamin, dan kemandirian siswa dengan jenis kelamin menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 atau H0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Dan jika ketiga variabel tersebut dikomparasikan menunjukan nilai signifikansi 0,999 > 0,05 atau H0 diterima yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan, 2) hasil komparasi ganda antar status sosial ekonomi keluarga rendah dengan sedang, rendah dengan tinggi, sedang dengan rendah, tinggi dengan rendah menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,009; 0,003; 0,009; 0,003 < taraf signifikansi 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika, namun untuk status sosial ekonomi sedang dengan tinggi, tinggi dengan sedang menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,401 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan. Dan untuk hasil komparasi ganda antar kemandirian siswa menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti nampak ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status-sosial, ekonomi, kemandirian, jenis-kelamin, prestasi, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 07:12
Last Modified: 17 Nov 2010 11:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item