Pramastuti, Ike (2008) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410020087.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Sebagai persyaratan dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari analisis data dengan uji-t diperoleh harga thit = 4.399, sedangkan ttabel = 1.665 untuk taraf signifikansi 5%. Karena thit > ttabel sehingga H0 ditolak. Berarti H1 diterima, maka ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan Open Ended dan metode konvensional pada pokok bahasan Dimensi Tiga. Berdasarkan data yang tersedia diperoleh rerata kelompok eksperimen 8.33 dan kelompok kontrol 7.47. Dengan demikian siswa yang diberi pengajaran menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada dengan pengajaran konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Open Ended, pembelajaran konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 17 Sep 2008 07:06 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 11:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/490 |
Actions (login required)
View Item |