SETYAWAN, YAHYA (2009) Penerapan Strategi Active Learning Dalam Pembelajaran Akidah Di Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
G000060093.pdf Download (49kB) |
|
PDF
G000060093.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berbicara tentang pendidikan agama Islam pasti di dalamnya telah mencakup tema akidah. Bahkan di sekolah-sekolah islami akidah dijadikan mata pelajaran yang terpisah dari mata pelajaran PAI (pendidikan agama islam). Begitu juga di pesantren-pesantren mata pelajaran akidah tak pernah ditinggalkan. Karena mata pelajaran ini dinilai akan membentuk karakter siswa dan membuat mental muslim kuat serta tegar menjalani cobaan di dunia. Apabila pembelajaran akidah dilakukan dengan menyentuh aspek kognitif, psikomotorik dan afektif maka siswa akan lebih mudah memahami, mempraktekkan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Belajar aktif tersebut membantu untuk mempelajari sesuatu dengan baik, mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran tertentu dan mendiskusikannya dengan yang lain, peserta didik memecahkan masalah dengan sendiri, menemukan contoh-contoh, mencoba, dan mengerjakan tugas-tugas yang tergantung pada pengetahuan yang telah mereka miliki atau yang harus mereka capai (Armai Arief, 2002: 109) Sehingga strategi belajar aktif (active learning) akan lebih memudahkan siswa dalam memahami akidah. Diantara pondok pesantren yang menerapkan strategi active learning adalah Pondok Pesantren Darusy Syahadah, Pesantren ini telah menerapkan strategi active learning dalam pembelajaran akidah. Oleh sebab itulah, kami mencoba untuk melakukan penelitian penerapan strategi active learning dalam pembelajaran akidah di ponpes Darusy syahadah. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan strategi active learning dalam pembelajaran akidah di Pondok Pesantren tersebut dan mengidentifikasi kendala-kendala dalam penerapan strategi active learning dalam pembelajaran akidah. Kami akan meneliti bagaimana pelaksanaan strategi active learning terkhusus strategi the power of two, card sort dan true or false. Ini adalah penelitian kualitatif lapangan yang bersifat evaluatif dengan analisa data lebih bersifat deskriptif. Populasi terdiri dari semua siswa kelas dua KMI, kepala sekolah, bag. Kurikulum dan guru bidang studi akidah. Seluruh populasi tersebut dijadikan sampel sehingga berjumlah 68 orang. Metode pengumpulan data yang kami pakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mengadakan serangkaian observasi di kelas 2 KMI dan mencocokkannya dengannya teori di Bab dua maka kesimpulannya kami mendapati bahwa guru kurang maksimal dalam persiapan, tidak konsisten dalam kegiatan pendahuluan pembelajaran, langkah penerapan strategi tidak 100% sesuai dengan teori, terdapat penyederhanaan. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya kami tinjau dari 6 aspek, yaitu faktor pendukung dan Penghambat dari sumber daya manusia, sarana prasarana, lingkungan, orang tua, kurikulum, dan peserta didik. Diantara faktor pendukung adalah tenaga pendidik pernah mengenyam pendidikan Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah UMS atau pernah workshop desain pembelajaran, Fasilitas yang cukup untuk penerapan strategi active learning. Bahasa arab yang digunakan dalam pelajaran akidah tidak terlalu sulit sehingga memudahkan siswa dalam memahaminya. Hubungan antar siswa dekat dan saling mengenal. Sedangkan faktor penghambat diantaranya guru sering menginginkan pembelajaran yang simple (ceramah), sebagian kelas kurang rapat dindingnya, besarnya pengaruh budaya pola pembelajaran kurikulum lama, dan kecepatan belajar siswa tidak sama.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning, Pembelajaran Akidah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 20 Nov 2009 07:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2011 04:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4855 |
Actions (login required)
View Item |