HABIBI, MUH (2009) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs N SUCEN SIMO BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
G000060086.pdf Download (80kB) |
|
PDF
G000060086.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
Abstract
Pada dasarnya setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan, semua akan kembali pada pribadi manusia tersebut yang akan mengelolanya. Seperti halnya dalam dunia pendidikan, setiap siswa mempunyai kelebihan juga kekurangan dalam proses pembelajaran. Ada yang berprestasi dan ada pula yang belum beruntung, karena mungkin disebabkan banyak hal, memang dalam dunia pendidikan tidak lepas dari persaingan antar siswa dalam meraih prestasi belajar. Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan anak antara lain adalah struktur masyarakat, lingkungan keluarga dan pergaulan sesama teman. Di dalam keluarga yang menjadi panutan pertama dan utama adalah orang tua, terutama dalam hal pendidikan, bimbingan dan dorongan orang tua sangat diperlukan dalam belajar anak di rumah, karena hal ini sangat erat kaitannya dengan sikap belajar anak di sekolah sebagai siswa. Apa yang telah diuraikan di atas sebagai dasar untuk mengadakan penelitian mengenai hal tersebut. Masalah dari penelitia ini adalah apakah bimbingan orang tua berpengaruh terhadap tingkat motivasi belajar siswa MTsN Filial Sucen Simo Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Sedangkan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari pelaksanaan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTsN Filial Sucen Simo Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan paduan antara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Selain itu, penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif yang mana dalam penelitian ini menjelaskan dan mengetahui hubungan dua variabel yang ada. Dalam penelitian ini, sampel diambil 25% dari populasi atau yang berjumlah 40 sampel dengan teknik proporsional random sampling. Metode yang digunakan dalam mengambil data berupa metode interview, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif menggunakan analisis data statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis asosiatif (hubungan variabel) berupa korelasi product moment. Dari hasil analisis data diperoleh harga df = 38 maka dapat diperoleh harga r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,320, sedangkan harga r tabel pada taraf 1% = 0,413. hal ini berarti bahwa yang diperoleh signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini seberapa besar pengaruh positif yang signifikan dari pelaksanaan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTsN Filial Sucen Simo Boyolali tahun pelajaran 2008/2009, terbukti dan dapat iterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan orang tua, motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 20 Nov 2009 07:35 |
Last Modified: | 28 Oct 2011 04:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4853 |
Actions (login required)
View Item |