PENGARUH HARGA PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. AIR MANCUR di SURAKARTA

HASTUTI , IMA RHOBI (2009) PENGARUH HARGA PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. AIR MANCUR di SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050125.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
A210050125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui. pengaruh harga produk terhadap volume penjualan produk Madurasa, 2) mengetahui pengaruh promosi terhadap volume penjualan produk Madurasa dan 3) mengetahui harga produk dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan produk Madurasa pada PT. Air Mancur Karanganyar tahun 1998 - 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data-data yang diperoleh dari populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan lalu diinterpretasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah harga produk dan biaya promosi penjualan dan volume penjualan pada PT. AIR MANCUR di Surakarta tahun 1998 – 2008. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga produk dan biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan diperoleh persamaan regresi : Y = 1002135,12 + 180,76X1 + 0,004X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 426,662 > 4,46 (taraf signifikansi 5%) berarti antara harga produk dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Uji t untuk variabel harga produk diperoleh thitung > dari ttabel atau 3,355 > 2,23 dan untuk variabel biaya promosi penjualan diperoleh thitung > ttabel atau 7,408 > 2,23 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Air Mancur Karanganyar Tahun 1998 – 2008. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,991 ini menunjukkan bahwa variabel harga produk dan promosi penjualan berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 99,1%. Sedangkan sisanya sebesar 0,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 31%, untuk X2 sebesar 69% dan besarnya sumbangan efektif untuk X sebesar 30% dan untuk X sebesar 69%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga produk, promosi penjualan dan volume penjualan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 20 Nov 2009 07:29
Last Modified: 16 Nov 2010 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4850

Actions (login required)

View Item View Item