Pramono, Widyo (2008) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP, PENALARAN DAN KOMUNIKASI SERTA PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI KUNDURAN BLORA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410010035.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih banyak kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan suatu pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal khususnya pada pokok bahasan lingkaran ditinjau dari pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI Kunduran Blora yang diambil sebanyak 27 siswa. Perolehan data dilakukan dengan metode tes. Untuk menghitung validitas soal menggunakan rumus korelasi product momen, sedangkan menghitung reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan persentase. Setelah melakukan perhitungan terhadap data yang diperoleh maka didapat persentase tiap-tiap jenis kesalahan yaitu kesalahan pemahaman konsep sebesar 79,09% tergolong tinggi, kesalahan dalam penalaran dan komunikasi sebesar 68,51% tergolong tinggi, pemecahan masalah sebesar 87,96% tergolong sangat tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan_masalah, lingkaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 17 Sep 2008 02:40 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
View Item |