PENERAPAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII(Studi Kasus di SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen, Tahun Ajaran 2008/2009)

EKOSARI, IDA SEPTI (2009) PENERAPAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII(Studi Kasus di SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen, Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050012.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
G000050012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Dalam kegiatan proses belajar mengajar banyak di butuhkan media pendidikan yang dapat menghantarkan tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Salah satu Media tersebut adalah Media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sudah diterapkan di sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Media LKS dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan eksperimen yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dengan menggunakan penelitian populasi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen sebanyak 40 siswa dan jumlah sampel tidak saling berhubungan, yang diberi mata pelajaran PAI. Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, treatment dan metode tes untuk mengetahui hasil dari proses belajar mengajar tanpa menggunakan LKS dan dengan menggunakan LKS. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis uji o t . Dalam penelitian ini diperoleh data bahwa penggunaan LKS lebih efektif dari pada tanpa LKS dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen kususnya pada kelas VIIB. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang ada di dalam LKS, dan guru disini hanya sebagai fasilitator. Secara kualitatif dari pengalaman mengajar dan belajar siswa dapat terlihat bahwa siswa aktif dan senang dapat bekerjasama dalam proses pembelajaran. dan peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator dan memberikan klarifikasi kalau ada pernyataan yang siswa tidak bisa menjawab. Selanjutnya o t telah diperoleh sebesar -0.207, sedangkan tabel t 2.71 dan 2.02. maka o t lebih kecil dari pada tabel t pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan ada perbedaan antara kedua hasil pembelajaran dengan menggunakan LKS dan tanpa menggunakan LKS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih efektif dari pada tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen tahun 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS (Lembar Kerja Siswa), Efektifitas, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:28
Last Modified: 28 Oct 2011 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

View Item View Item