MANAJEMEN KESISWAAN SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Affinoxy, Dica Lanita (2009) MANAJEMEN KESISWAAN SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050006.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
G000050006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Siswa sebagai raw input sekolah perlu untuk di-manaj dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena tujuan adanya sekolah, kurikulum, guru, dan sarana prasarana untuk kepentingan siswa. Untuk memanajemen siswa diperlukan seni dan ilmu seputar siswa. Manajemen kesiswaan yang baik menjadi lebih penting untuk dimiliki sekolah yang bersistem full day school, SDIT Nur Hidayah Surakarta salah satunya. Karena sistem tersebut memberikan peluang besar bagi siswa mengalami kejenuhan di sekolah. Oleh sebab di atas, penulis mengangkat masalah bagaimana manajemen kesiswaan SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 dan apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Sejalan dengan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan selama 3 bulan (Januari – Maret 2009) di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Subjek penelitian ini adalah manajemen kesiswaan SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2008/2009, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan karyawan SDIT Nur Hidayah Surakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SDIT Nur Hidayah Surakarta yang dilaksanakan mencakup 4 hal yang terdiri dari: Pertama, perencanaan (planning) kesiswaaan, yang kegiatannya meliputi penentuan daya tampung, perencanaan penerimaan siswa baru, dan penerimaan siswa baru. Kedua, pengorganisasian (organizing) kesiswaan, melalui pengelompokan siswa dengan pola tertentu yang mengedepankan kenyamanan siswa dan guru. Ketiga, pelaksanaan (actuating) kesiswaan, dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang kompleks seperti orientasi siswa baru, pembinaan dan pelayanan siswa, serta mutasi dan alumni siswa. Keempat, pengawasan (controlling) kesiswaan, berupa pemantauan dan penilaian siswa secara menyeluruh. Dalam melaksanakan kegiatan manajemen kesiswaan, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh SDIT Nur Hidayah Surakarta. Faktor pendukung meliputi: adanya kerjasama antar elemen sekolah, sarana prasarana yang lengkap dan mendukung, komitmen dan inovasi dari pelaksana manajemen, sistem informasi berupa website dan SMS Education, jalinan kerjasama dengan sejumlah TK, dan peran aktif orang tua siswa. Adapun faktor penghambat muncul dari siswa, guru, dan orang tua. Faktor penghambat tersebut antara lain: kurangnya komunikasi antar pengajar ekstrakurikuler, pilihan siswa yang berubah-ubah, serta longgarnya pengawasan dari orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:12
Last Modified: 19 Nov 2019 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item