PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Keagamaan Al Irsyad Tengaran)

Aziz, Mukmin (2009) PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Keagamaan Al Irsyad Tengaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000040018.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
G000040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Kenakalan siswa adalah fenomena umum yang tidak akan pernah hilang. Kenakalan merupakan perbuatan pelanggaran norma-norma baik norma hukum maupun norma sosial. Siswa sering sekali terlibat dalam bermacam kenakalan, seperti kemalasan dalam belajar, bolos dari sekolah, menjahili teman, mencontek, membuat keributan dikelas serta kenakalan-kenakalan lainnya yang sering sekali ditemui dilingkungan sekolah. Disinilah penerapan bimbingan konseling Islami menjadi sangat penting adanya. Untuk menekan meluasnya kenakalan siswa. Guru, keluarga dan pihak sekolah khususnya guru bimbingan konseling harus mampu menumbuhkan kesadaran dalam diri mereka, lingkungan sekolah dan juga pribadi-pribadi peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan konseling Islami di MAK Al Irsyad Tengaran dan adakah hambatan dalam menerapkan bimbingan konseling Islami. Rumusan masalah dalam penelituan ini bagaimanakah penerapan bimbingan konseling Islami di MAK Al Irsyad Tengaran. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan teoritis bagi peneliti yang lebih dalam lagi tentang penerapan bimbingan konseling Islami dalam upaya penanggulangan kenakalan siswa, serta menjadi sumbangan informasi bagi semua pihak, khususnya bidang bimbingan dan konseling Islami dalam hal fungsi, tugas dan aktifitasnya di sekolah kaitannya dengan permasalahan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Objek penelitian adalah MAK Al Irsyad Tengaran Semarang dan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru BK dan siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan metode interview, observasi dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian penerapan bimbingan konseling Islami di MAK Al Irsyad Tengaran Semarang adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan bimbingan konseling Islami di MAK Al Irsyad Tengaran. Keistimewaan bimbingan dan konseling di MAK Al Irsyad Tengaran adalah dalam pemberian layanan menggunakan metode yang Islami selain tata tertib yang yang telah diberlakukan oleh pemerintah dan sekolah. Kondisi perilaku siswa di MAK Al Irsyad Tengaran pada umumnya masih dalam batas kewajaran, hanya dalam tahap pelanggaran tata tertib sekolah dan penanggulangannya dilakukan baik secara preventif maupun kuratif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konseling islami, kenakalan siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:08
Last Modified: 14 Jun 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item