METODE TRANSFER NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM CERITA WAYANG KULIT DITINJAU DARI PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Tentang Lakon Dewaruci)

Baharrudin, Alief (2009) METODE TRANSFER NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM CERITA WAYANG KULIT DITINJAU DARI PENDIDIKAN AKHLAK (Studi Tentang Lakon Dewaruci). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000040007.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
G000040007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Wayang adalah seni budaya peninggalan leluhur yang sudah berumur berabad-abad dan kini masih lestari di masyarakat, seni pewayangan sudah lama digunakan sebagai media penyampaian nilai-nilai luhur/moral, etika, dan religius dan dari zaman kedatangan Islam digunakan oleh para wali songo sebagai media dakwah Islam di tanah Jawa. Salah satu cerita dalam wayang diantaranya adalah dewaruci. Dimana cerita tersebut penuh dengan nilai-nilai etika, moral dan religius. Yang secara singkat menceritakan tentang keteguhan hati ksatria pandawa, terutama Bima dalam menjalankan amanat mahaguru Druna. Padahal, tugas itu hanya siasat licik kaum Kurawa untuk melenyapkan Bima. Di dalam cerita Dewaruci tersebut banyak mengandung nilai-nilai luhur tentang hidup dan kehidupan yang mampu menjawab berbagai masalah kehidupan seperti asal mula dan tujuan hidup, hubungan manusia dengan Tuhan, dengan alam, dengan sesamanya dan dengan lingkungan. Permasalahan yang ingin disampaikan adalah nilai-nilai keislaman yang bagaimana bila ditinjau dari pendidikan akhlak?, Dan bagaimana metode yang digunakan dalam cerita tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam cerita dewaruci bila ditinjau dari pendidikan akhlak. Serta pemanfaatan wayang sebagai media pendidikan akhlak di sekolah. Penelitian ini bersifat kualitatif literer yang mana data dan informasi yang diperoleh dari kajian pustaka ( library research). Data yang terdiri dari data primer dan sekunder, kemudian di analisis dengan menggunakan content analysis. Adapun langkah-langkahnya antara lain: merumuskan dengan tepat apa yang ingin diteliti dan semua tindakan berdasarkan pada tujuan, memilih unit analisis yang dikaji, memilih obyek penelitian yang menjadi sasaran analisis, menganalisis satuan makna dan kategori kemudian mencari hubungan satu dengan yang lainnya untuk menemukan arti dan isi tujuan komunikasi tersebut, mendeskripsikan hasil analisis dalam bentuk draft laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai keislaman yang terdapat di dalam lakon dewaruci ditinjau dari pendidikan akhlak antara lain: kewajiban menuntut ilmu, hubungan antara guru dan murid, keteguhan hati, keberanian dalam hidup, dan tidak berprasangka buruk. Untuk metode yang digunakan adalah metode ceramah. Hal ini dilakukan karena metode yang digunakan hampir sama dengan menggunakan metode kisah. Harus dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kemampuan dalam hal menguasai bahasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cerita wayang, Dewaruci
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:01
Last Modified: 03 Jan 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item