PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009

Sukmawaty, Yully (2009) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050097.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
A210050097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 180 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 50 orang siswa yang diambil dengan teknik quota random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y = 3,932 + 0,701.X1 + 0,839.X¬2¬ yang artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,699 dengan nilai probabilitas = 0,010 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,600 dengan nilai probabilitas = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Pengelolaan kelas dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 47,306 diterima pada taraf signifikansi 5%. Motivasi belajar merupakan variabel yang memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel pengelolaan kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil thitung X2 (3,600) lebih besar dari thitung X1 (2,699).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, motivasi belajar, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:56
Last Modified: 16 Nov 2010 01:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item