IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN PERMAINAN SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI RESPON SISWA (Pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penawangan)

Astuti, Endah Puji (2009) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN PERMAINAN SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI RESPON SISWA (Pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050200.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
A410050200.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

pembelajaran berbasis media compact disc (CD) interaktif dan permainan simulasi terhadap prestasi belajar siswa (2) mengetahui pengaruh respon siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran matematika dan respon belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Penawangan tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak dua kelas dari 8 kelas paralel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode angket sebagai metode pokok serta metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anava dua jalan sel tak sama. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan metode Lilliefors dan metode Bartlet. Dari hasil analisis data dengan signifikansi = 5% disimpulkan (1) Fhitung = 7,753 > Ftabel = 3,970 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis media compact disc (CD) interaktif dan permainan simulasi terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Fhitung = 8,195 > Ftabel = 3,120 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antar respon belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Fhitung = 0,016 < Ftabel = 3,120 berarti tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran berbasis media compact disc (CD) interaktif dan permainan simulasi dan respon belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, prestasi belajar, dan respon belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:50
Last Modified: 02 May 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item