PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN HETEROGENITAS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Nogosari)

MOSAFITRI, NIKA LISTY RATNA (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN HETEROGENITAS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Nogosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050195.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
A410050195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan siswa SMP Kelas VII terhadap konsep-konsep matematika, mengatasi heterogenitas kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode TAI ( Team Accelerated Intruction) dan menumbuhkan minat siswa dalam belajar Matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri I Nogosari yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara kepala sekolah, guru matematika dan peneliti. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode TAI yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat mengatasi heterogenitas kemampuan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jika pada putaran I persentasi siswa yang berhasil naik ke level berikutnya dari pembelajaran pertama hingga pembelajaran ketiga berturut – turut 5%, 40% hingga 100%, pada putaran II kenaikan yang terjadi adalah 5%, 50% hingga 100%, maka persentasi pada putaran III kenaikan yang terjadi adalah 5%, 71% hingga 100%. Minat dan motivasi siswa dilihat dari hasil penelitian pada puaran I sampai putaran III terus meningkat yaitu pada putaran I sebanyak 5 siswa (12.5%), pada putaran II sebanyak 10 siswa (25%) dan pada putaran III sebanyak 22 siswa (55%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Heterogenitas, motivasi, TAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:40
Last Modified: 16 Nov 2010 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item