Lestari, Ari (2009) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050086.pdf Download (88kB) |
|
PDF
A210050086.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 3) pengaruh latar belakang keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 174 orang siswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan regresi: Y = 18,622 + 0,652.X1 + 0,548.X¬2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan fasilitas belajar. Nilai koefisien dalam persamaan menunjukkan bahwa latar belakang keluarga merupakan variabel yang memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel fasilitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Latar belakang keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,745 diterima pada taraf signifikansi 5%. 2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,427 diterima pada taraf signifikansi 5% 3) Latar belakang keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 45,531 diterima pada taraf signifikansi 5%. Latar belakang keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 42,6% dan fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 28,5% terhadap prestasi belajar ekonomi. Secara keseluruhan variabel latar belakang keluarga dan fasilitas belajar memberikan sumbangan sebesar 71,1% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | latar belakang keluarga, fasilitas belajar, prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Nov 2009 07:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 01:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4807 |
Actions (login required)
View Item |