MUSTAQIIMAH, NURUL (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STRATEGI PROGRAM EFFECTIVE LEARNING TEACHING (SPELT) DAN STRATEGI INQUIRI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050185.pdf Download (78kB) |
|
PDF
A410050185.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi program effective learning teaching (SPELT) dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi inquiri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Pengambilan sempel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster randam sampling. Sampel penelitian sebanyak 2(dua) kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan strategi program effective learning teaching (SPELT) dibanding strategi inquiri. Dari data diperoleh X siswa yang dikenai strategi program effective learning teaching (SPELT) sebesar 65.16 dan X siswa yang dikenai strategi inquiri sebesar 54.77. Ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan strategi program effective learning teaching (SPELT) lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi inquiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, SPELT, Inquiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Nov 2009 07:27 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 05:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4803 |
Actions (login required)
View Item |