Reffles, Reffles and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si. (2016) Pendampingan Akreditasi Sekolah Di SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta Oleh Pengawas. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI-1.pdf Download (458kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (873kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (Bab V)
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kegiatan pendampingan oleh pengawas sekolah dalam akreditasi sekolah (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendampingan akreditasi sekolah (3) Mendeskripsikan hasil pendampingan akreditasi sekolah di SD Negeri Wiropaten, Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta oleh pengawas sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian dilakukan pada SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta. Teknik pengumplan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian: (1) Kegiatan pendampingan oleh pengawas sekolah dalam akreditasi sekolah di SD Negeri Wiropaten kecamatan Pasarkliwon Surakarta meliputi: kegiatan sosialisasi dan koordinasi. Kegiatan pendampingan selain sosialisasi akreditasi adalah melakukan bimbingan teknis mengenai konsep EDS, pembimbingan manual penjaminan mutu, pengenalan dan cara mengisi istrumen EDS, mengenai desain profil, mengenai penyusunan RKS/RKAS, dan verifikasi instrumen dan mengenai cara menguplod instrumen secara online. (2) Faktor yang mendukung pelaksanaan pendampingan akreditasi oleh Pengawas Sekolah, diantaranya Jumlah guru yang cukup banyak, semangat kerja guru tinggi, sarana dan pra sarana yang mencukupi, komite sekolah yang mendukung. Faktor yang menghambat timbul sebagai akibat dari program regrouping berlangsung, pihak yang menimbulkan hambatan antara lain, kepala sekolah, guru, orang tua murid, dan siswa. (3) Hasil pendampingan akreditasi yang bersifat moril berupa peningkatan semangat kerjasama guru, peningkatan dan semangat kerja, hasil yang bersifat fisik adalah tertatanya lingkungan sekolah dan sarana prasarana sekolah, hasil yang bersifat administratif berupa tertatanya administrasi sekolah, dan hasil yang bersifat legal berupa sertifikat akreditasi dengan peringkat A (Amat Baik).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan akreditasi, akreditasi sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Reffles |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 10:31 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/47775 |
Actions (login required)
View Item |