EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINKTALK- WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 4 Boyolali)

WIJAYANTI, FITIANI (2009) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINKTALK- WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 4 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050184.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
A410050184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Boyolali yang berjumlah 215 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 86 siswa yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan 43 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 8.78, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika dilihat dari keaktifan siswa yang tinggi, sedang, dan rendah dengan Fhitung = 0.60, (3) terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan pendekatan pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 4.64.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran, keaktifan siswa, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:50
Last Modified: 16 Nov 2010 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item View Item