ANALISIS PENGARUH VARIABEL MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO

INDRAYANA, T.S. WAHYU PRIMA (2009) ANALISIS PENGARUH VARIABEL MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040256.PDF

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF
B100040256.PDF

Download (199kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Danliris Di Sukoharjo”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data biaya personal selling, biaya periklanan serta volume penjualan selama tahun 1999 sampai dengan 2008. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji asumsi klasik yang meliputi heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi serta analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2 (koefisien determinasi). Dilihat dari hasil uji normalitas diperoleh kesimpulan bahwa data tergolong berdistribusi normal karena nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,463 > 0,05. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas dan tidak terdapat masalah autokorelasi. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh kesimpulan (1) Uji signifakansi pengaruh secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel personal selling berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,040) kurang dari α (0,05). Variabel periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,010) kurang dari α (0,05). (2) Uji signifikansi pengaruh secara bersama-sama menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara variabel personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F dimana Fhitung sebesar 67,028 dengan signifikansi F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α (0,05). (3) Koefisien determinasi (adjusted R-squre) adalah sebesar 0.936. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (personal Selling dan periklanan) dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap volume penjualan sebesar 93,6 %. Sedangkan sisanya sekitar 6,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Selling, Periklanan dan Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:46
Last Modified: 13 Nov 2010 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item