UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 3 TENGARAN

HASTUTI, DWI (2009) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 3 TENGARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050182.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
A410050182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) 2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara kepala sekolah, guru kelas dan peneliti. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tengaran tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang meliputi: a) perasaan senang siswa sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (13%), putaran I sebanyak 8 siswa (21%), putaran II sebanyak 17 siswa (45%), putaran III sebanyak 26 siswa (68%) b) Perhatian siswa sebelum tindakan sebanyak 11 siswa (30%), putaran I sebanyak 13 siswa (34%), putaran II sebanyak 19 siswa (50%), putaran III sebanyak 27 siswa (72%) c) Kemauan siswa sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (16%), putaran I sebanyak 9 siswa (24%), putaran II sebanyak 18 siswa (47%), putaran III sebanyak 25 siswa (67%) 2) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berdasarkan ketuntasan belajar siswa ≥ 60% sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (21%), putaran I sebanyak 13 siswa (34%), putaran II sebanyak 20 siswa (53%), putaran III sebanyak 29 siswa (76%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving , minat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:46
Last Modified: 16 Nov 2010 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item