KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ( RME ) DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Siswa Kelas VII SMP N 1I Gondang Kabupaten Sragen )

KARDIANA, YULIAWANTI (2009) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ( RME ) DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Siswa Kelas VII SMP N 1I Gondang Kabupaten Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050175.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A410050175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran menggunakan RME dan reciprocal learning terhadap prestasi belajar matematika; (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika.; (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negri II Gondang, Sragen tahun ajaran 2008/2009, sedang sampel yang diambil 2 kelas dari 7 kelas paralel. Sampel yang digunakan kelas VIIB dan VIIC yang diambil secara random sampling berkelompok terhadap kelas dengan cara undian. Tehnik analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (1) Fhitung : 8,96 berarti terdapat pengaruh model pembelajaran menggunakan RME dan reciprocal learning terhadap prestasi belajar matematika; (2) Fhitung : 2,42 berarti tidak terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) Fhitung : 0.85 berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menyimpulkan dengan melihat nilai rata – rata kedua kelas menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran reciprocal learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran RME khususnya pada pokok bahasan segi empat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reciprocal-learning, prestasi-belajar, kemampuan-awal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:32
Last Modified: 16 Nov 2010 02:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item