KHOLIS, M. ARIFUDIN (2009) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah “ Baituttamwil TAMZIS “ Di Wonosobo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040238.PDF Download (127kB) |
|
PDF
B100040238.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Marketing relationship sangat relevan untuk dibahas di dalam pemasaran jasa, mengingat keterlibatan dan interaksi antara konsumen dan pemberi jasa begitu tinggi pada sebagian besar bisnis jasa, dan relationship marketing sendiri menekankan pada usaha menarik dan mempertahankan konsumen melalui peningkatan hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Relationship Marketing secara bersama-sama yang terdiri dari variabel pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan pada kepuasan pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Syariah Baituttamwil Tamzis di Wonosobo. Pada penelitian ini survei dilakukan pada anggota atau pelanggan dari Koperasi Simpan Pinjam Syariah “ Baituttamwil TAMZIS “ di Wonowosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota dari Koperasi Simpan Pinjam Syariah “Baituttamwil TAMZIS“ di Wonosobo yang berjumlah 35.412 orang. Sedangkan responden yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel pertalian tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,323 (p > 0,05). Variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,032 (p < 0,05). Variabel timbal balik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,48 (p > 0,05). Variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). 2) Hasil uji F menunjukkan bahwa dimensi relationship marketing yang meliputi variabel pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3)Kepercayaan berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien Beta untuk variabel promosi sebesar 0,493 yang lebih besar dari nilai koefisien Beta variabel pertalian (0,102), empati (0,241) dan variabel timbal balik (0,032).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pertalian, empati, timbal balik, kepercayaan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 18 Nov 2009 08:31 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 04:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4769 |
Actions (login required)
View Item |