EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA ( Pada Pokok Bahasan Sudut )

Cahyaningrum, Endah (2009) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA ( Pada Pokok Bahasan Sudut ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050170.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410050170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Adanya pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sudut, (2) Adanya pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Sudut, (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Sudut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah IV Surakarta tahun 2008/2009 sebanyak enam kelas. Sampel penelitian terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok serta dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama pada α = 5%, diperoleh : (1) hitung F = 8,62> tabel F = 4,02 sehingga O H ditolak yang berarti ada pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sudut. (2) hitung F = 7,44 > tabel F = 3,17 sehingga O H ditolak yang berarti ada pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Sudut, (3) hitung F = 0,13 < tabel F = 3,17 sehingga O H diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Sudut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran , Matematika, portofolio, minat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:18
Last Modified: 21 Nov 2019 01:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4763

Actions (login required)

View Item View Item