OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (PTK Kelas VII SMP Pembangunan Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009)

SISWANTI, RANI TRI (2009) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (PTK Kelas VII SMP Pembangunan Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050165.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A410050165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan struktural tipe TPS 2). meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui pendekatan struktural tipe TPS. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Pembangunan Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu 1). Adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika meliputi a) keberanian mengerjakan soal di depan kelas dari 12,5% meningkat menjadi 72,5% b) keaktifan siswa mengemukakan pendapat dari 5% meningkat menjadi 60% c) keberanian siswa menanggapi atau mengajukan pertanyaan dari 7,5% meningkat menjadi 65% d) mengerti dan dapat melakukan langkah TPS dari 0% meningkat menjadi 77,5% e) kerjasama dalam kelompok dari 5% meningkat menjadi 70%. 2). Adanya peningkatan prestasi belajar yang siswa yang mendapat nilai diatas 60 dari 25% meningkat menjadi 70%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan struktural tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Pendekatan-Struktural, Keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:14
Last Modified: 16 Nov 2010 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item