PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATIYOSO TAHUN AJARAN 2008/2009

Supriyanto, Supriyanto (2009) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATIYOSO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050082.pdf

Download (536kB)
[img] PDF
A210050082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh positif antara pola belajar terhadap prestasi belajar. 2. Untuk mengetahui pengaruh positif antara frekuensi belajar terhadap prestasi belajar. dan 3. Untuk mengetahui pengaruh positif antara pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiyoso Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Jatiyoso. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jatiyoso. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 143 orang, sampel diambil sebanyak 100 siswa. Data komunikasi pola belajar dan frekuensi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh persamaan regresi : Y = 46,769 + 0,401X1 + 0,275X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 137,168 > 3,09 (taraf signifikansi 5%) berarti antara pola belajar dan frekuensi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Uji t untuk variabel pola belajar diperoleh thitung > dari ttabel atau 8,172 > 1,98 dan untuk variabel frekuensi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 4,872 > 1,98 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jatiyoso. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,739 ini menunjukkan bahwa variabel pola belajar dan frekuensi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 73,9%. Sedangkan sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 0,59% dan sumbangan efektif 0,43%, variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 0,41% dan sumbangan efektif 0,31%. Secara keseluruhan variabel gaya pola belajar dan frekuensi belajar memberikan sumbangan sebesar 73,9% terhadap prestasi belajar. Selanjutnya di antara kedua variabel tersebut dapat diketahui bahwa variabel pola belajar memberikan sumbangan terbesar terhadap prestasi belajar siswa sebesar (43%). Jadi dapat dinyatakan bahwa pola belajar merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola belajar, frekuensi belajar, dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:13
Last Modified: 16 Nov 2010 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item