Cahyanti, Susi Nur (2009) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE JIGSAW DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 sawit Kabupaten Boyolali ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050146.pdf Download (68kB) |
|
PDF
A410050146.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui implementasi improving learning dengan metode jigsaw dan resitasi. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan wawancara, sedangkan metode Bantu yaitu catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui improving learning dengan metode jigasaw dan resitasi dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari aspek 1). banyaknya siswa yang aktif bertanya pada putaran I (15%) meningkat sebanyak (50%) pada akhir tindakan; 2). banyaknya siswa yang aktif menjawab pertanyaan pada putaran I sebanyak (27,5%) meningkat sebanyak (55%) pada akhir tindakan; 3). banyaknya siswa yang aktif mengerjakan soal di depan kelas pada putaran I sebanyak (10%) meningkat sebanyak (25%) pada akhir tindakan; 4). banyaknya siswa yang aktif dalam mengerjakan soal-soal latihan pada putaran I sebanyak (32,5%) meningkat sebanyak (97,5%) pada akhir tindakan. Pembelajaran dengan improving learning dengan metode jigsaw dan resitasi juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari aspek 1). banyaknya siswa yang aktif bekerja sama pada putaran I sebanyak (45%) meningkat sebanyak (90%) pada akhir tindakan; 2). banyaknya siswa yang mampu mendefinisikan konsep pada putaran I (32,5%) meningkat sebanyak (77,5%) pada akhir tindakan; 3). banyaknya siswa yang mampu mengeksplorasi konsep pada putaran I sebanyak (32,5%) meningkat sebanyak (72,5%) pada akhir tindakan; 4). banyaknya siswa yang mampu mengaplikasikan konsep pada putaran I sebanyak (22,5%) meningkat sebanyak (72,5%) pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi improving learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Improving Learning, Jigsaw, Resitasi, Meningkatkan, Keaktifan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 18 Nov 2009 07:56 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 02:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4756 |
Actions (login required)
View Item |