PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2008/2009

Wahyuningtyas, Isnaeni (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050079.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A210050079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara yang berjumlah 175 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 120 siswa dari jumlah 175 siswa kelas XI AK. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regersi sederhana memperoleh persamaan: Y = 63,020 + 1,059.X. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi keuangan dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru. Berdasarkan hasil di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan pada siswa XI akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (125,639 > 3,92) diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa adalah sebesar 51,6%, sedangkan 48,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, prestasi belajar akuntansi keuangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:54
Last Modified: 16 Nov 2010 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item