PERANAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN INTELEGENSI GANDA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimen Pada Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah Surakarta)

PRIMASARI, RATI (2009) PERANAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN INTELEGENSI GANDA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimen Pada Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050123.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
A410050123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Surakarta tahun 2008/2009 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama pada α = 5%, diperoleh: (1) Fhitung = 4,878 > Ftabel = 3,96 berarti Ho ditolak maka terdapat pengaruh metode pembelajaran yang mengoptimalkan intellegensi ganda dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar, (2) Fhitung = 67,742 > Ftabel = 3,96 berarti Ho ditolak maka terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar, (3) Fhitung = 4,611 > Ftabel = 3,96 berarti Ho ditolak maka ada efek interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intelegensi Ganda, Prestasi Belajar, Kemampuan Awal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:12
Last Modified: 02 Jan 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item