PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

HANDAYANI, TRI (2009) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050116.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A410050116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Missouri Mathematics Project (MMP). Subjek penelitian ini adalah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta kelas VIII tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas belajar. a) Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum penelitian 13,16% , putaran I meningkat menjadi 21,05%, putaran II meningkat menjadi 26,32%, putaran III meningkat menjadi 63,15%. b) Aktivitas siswa dalam mengemukakan ide sebelum penelitian 13,16%, putaran I meningkat menjadi 23,68%, putaran II meningkat menjadi 39,47%, putaran III meningkat menjadi 60,53%. c) Aktivitas siswa bertanya sebelum penelitian 10,53%, putaran I meningkat menjadi 21,05%, putaran II meningkat menjadi 26,32%, putakan III meningkat menjadi 65,79%. d) aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas sebelum penelitian 50% putaran I meningkat menjadi 65,78%, putaran II meningkat menjadi 73,68%, putakan III meningkat menjadi 78,99% 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum penelitian 26,32% putaran I meningkat menjadi 39,47%, putaran II meningkat menjadi 50%, putakan III meningkat menjadi 65,78%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui pendekatan Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project, Aktivitas, Prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:33
Last Modified: 02 Jan 2012 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item