ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM PEMBELIAN KOSMETIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SURAKARTA

NINGSIH, LILIN FITRIA (2009) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM PEMBELIAN KOSMETIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030258.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
B100030258.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Ingin menganalisis pengaruh atribut produk (kualitas, merek, resiko) terhadap kepuasan konsumen. (2) Ingin menganalisis pengaruh atribut kualitas terhadap kepuasan konsumen. (3) Ingin menganalisis pengaruh atribut merek terhadap kepuasan konsumen. (4) Ingin menganalisis pengaruh atribut resiko terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif yang menyoroti hubungan antara variabel–variabel penelitian. Variabel independennya yaitu atribut kualitas produk dan variabel dependennya yaitu kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Juruan Ekonomi Manajemen dan Akuntansi semester 6 dan 7. Metode analisis data menggunakan regresi berganda melalui uji asumsi klasik uji normalitas, uji mutlikolineritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Atribut kualitas (X1) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dari: a) koefisien regresi β1X1 = 0,853 dan b) kualitas sebesar 2,462 diketahui ttabel sebesar 1,993 (thitung ≥ ttabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,002 (sig n t < 0,05). (2) Atribut merek (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dari: a) koefisien regresi β2X2 = 0,340 dan b) merek sebesar 3,125 diketahui ttabel sebesar 1,993 (thitung ≥ ttabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,003 (sig n t < 0,05). (3) Atribut resiko (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dari: a) koefisien regresi β3X3 = 0,747 dan b) resiko sebesar 7,714 diketahui ttabel sebesar 1,993 (thitung ≥ ttabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,003 (sig n t < 0,05). (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara atribut kualitas, merek, dan resiko (X) secara bersama-sama atau simultan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini ditunjukkan dari Fhitung sebesar 22,067 dan Ftabel sebesar 2,74 (Fhitung ≥ Ftabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (5) Variasi perubahan variabel independen dapat dije1askan kualitas (Xl), merek (X2), dan resiko (X3) secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 69,2%. Sedangkan sisanya 30,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi, misalnya kualitas pelayanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen, atribut produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:24
Last Modified: 16 Nov 2010 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item