PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KEDISIPLINAN MENGIKUTI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

Mulyani, Dwi (2009) PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KEDISIPLINAN MENGIKUTI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJOSONGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050062.pdf

Download (490kB)
[img] PDF
A210050062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler terhadap kemandirian belajar ekonomi, 2. Mengetahui pengaruh kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar terhadap kemandirian belajar ekonomi, dan 3. Mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler dan kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar terhadap kemandirian belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali tahun ajaran 2008/2009. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 200 siswa, sampel diambil sebanyak 132 siswa. Data aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar dan kemandirian belajar ekonomi diperoleh melalui angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar terhadap kemandirian belajar ekonomi diperoleh persamaan regresi : Y = 0,137 + 0,402X1 + 0,637X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 69,169 > 3,07 (taraf signifikansi 5%) berarti antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar ekonomi. Uji t untuk variabel aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler diperoleh thitung > ttabel atau 4,771 > 1,98 dan untuk variabel kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar diperoleh thitung > ttabel atau 7,932 > 1,98 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,517 ini menunjukkan bahwa variabel aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar ekonomi sebesar 51,7%. Sedangkan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya Sumbangan Relaif untuk variabel X1 sebesar 33%, untuk X2 sebesar 67% dan besarnya Sumbangan Efektif untuk X1 sebesar 17% dan untuk X2 sebesar 35%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas ekstra kurikuler, kedisiplinan belajar mengajar, dan kemandirian belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:09
Last Modified: 16 Nov 2010 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item