EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI VISUALISASI ALAT PERAGA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN OVER HEAD PROYECTOR PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

YAMTINI, FITRI (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI VISUALISASI ALAT PERAGA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN OVER HEAD PROYECTOR PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050083.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
A410050083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII SMP N 21 Surakarta yang terdiri dari lima kelas dan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelompok eksperimen siswa kelas VIII E dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelompok kontrol siswa kelas VIII C dengan jumlah 39 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes, dokumentasi dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menggunakan  = 5 % dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar, dengan  A F 17,698 (2) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa, dengan  B F 9,347 dan (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa, dengan  AB F 0,663. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar siswa melalui visualisasi alat peraga berbasis TIK lebih baik daripada prestasi belajar siswa melalui OHP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Over Head Proyector, Kemampuan Awal, Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:41
Last Modified: 02 May 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item